Pemandu wisata (guide)

 

Tour guide atau lebih sering disebut dengan pemandu wisata merupakan seseorang yang bertugas memberikan bantuan, informasi tentang warisan budaya, sejarah serta kontemporer kepada pengunjung/wisatawan/peserta tur di tempat-tempat bersejarah, museum, keagamaan, pendidikan, tempat-tempat wisata dan juga tempat penting lainnya yang wajib di kunjungi saat liburan.

 tour guide dalam industri pariwisata yaitu “orang yang membimbing pengunjung dalam bahasa pilihan mereka dan menafsirkan warisan budaya maupun alam dari suatu area. 

Pemandu wisata atau guide mempunyai peran yang sangat penting saat melakukan tour, tugas-tugas yang harus di lakukan sebagai pemandu wisata yaitu :

  1. Mengatur wisatawan baik rombongan maupun perorangan yang mengadakan perjalanan dengan
       transportasi yang tersedia
  2. Memberikan penjelasan tentang rencana perjalanan dan obyek wisata yang akan di kunjungi, serta memberikan penjelasan mengenai dokumen perjalanan,  transportasi, dan fasilitas wisatawan lainya.
  3. Memberikan petunjuk tentang obyek wisata
  4. Membantu menguruskan barang bawaan wisatawan
  5. Memberikan pertolongan kepada wisatawan yang sakit, mendapat kecelakaan, kehilangan atau musibah lainya

 

Selain tugas-tugas yang harus di kerjakan  oleh seorang guide, namun ada beberapa hal-hal yang wajib di ketahui  oleh seorang guide , yaitu :

Pengetahuan

 

  Seorang pemandu wisata harus cerdas. Tidak hanya dapat menghapal kelebihan-kelebihan suatu destinasi wisata, tapi lebih dari itu, seorang pemandu wisata harus bisa merangkai kata agar menarik minat wisatawan untuk mendengarkan.Keterampilan merangkai kata ini tentu membutuhkan banyak pengetahuan.

Penampilan

 

Penampilan seorang pemandu wisata memang sangat di perlukan , hal-hal yang wajib di perhatikan  sebagai seorang pemandu wisata yaitu:

 

  • Bersih
  • Rapi
  • Wangi dan sopan.
  • Menarik
  • Bersepatu / sendal khusus outdoor
  • Atribut lengkap ( ID card,topi, dsb.)
Kesehatan

 

Kesehatan memang sangat penting bagi seorang pemandu wisata , dimana saat melakukan tour seorang pemandu wisata harus dalam keadaan sehat dan juga fit.

Pekerjaan menjadi pemandu wisata adalah sebuah pekerjaan berat, di mana Anda dituntut untuk banyak memberikan penjelasan, bersabar menghadapi wisatawan yang kadang “menjengkelkan”, serta tentu saja mengajak wisatawan berkeliling.

Seorang pemandu wisata dituntut untuk selalu sehat dan bugar ketika bekerja. Wisatawan tidak akan nyaman mendengarkan Anda jika Anda sering batuk selama menjelaskan atau wajah Anda terlihat pucat dan lusuh.

Perilaku (Attitude)

 

Memang dalam memandu wisatawan yang perlu dikuasai terlebih dahulu adalah pengetahuan dalam hal kepariwisataan.

Namun, kecerdasan Anda menjelaskan berbagai keindahan destinasi wisata tidak akan berarti apa-apa bagi wisatawan jika para wisatawan merasa perilaku Anda tidak menyenangkan.

 Dimana seeorang pemandu wisata harus mempunyai perilaku yang ramah,  Antusiasme dan optimisme dalam menjalankan tugas .

Etika memandu untuk guide

 

Ada beberapa hal yang waib di lakukan saat menjadi seorang pemandu wisata yang handal , dimana hal-hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perusahaan, etika pemandu dimana sebagai seorang pemandu wisata harus sangat paham tentang etika  yang wajib di lakukan saat menjadi seorang pemandu wisata , yaitu :

 

  1. Pada saat penjemputan tamu wajib membawa sign name, memperkenalkan diri dan team work dengan baik.
  2. Menguasai salah satu bahasa asing. (inggris)
  3. Menguasai dan mampu menjelaskan objek yang dikunjungi dan mengetahui objek-objek wisata Indonesia.
  4. Antusiasme dan optimisme dalam menjalankan tugas.
  5. Manjaga nama baik semua pihak.
  6. Mengikuti aturan Taman Nasional dan adat istiadat.
  7. Tidak mengkonsumsi alkohol, merokok dan narkoba pada saat memandu serta tidak berjudi.
  8. Pemandu wisata yang handal selalu ingin menjadi lebih baik setiap waktu.
  9. Pengetahuan yang luas, penampilan yang menarik, kesehatan prima serta perilaku yang menyenangkan akan mempercepat karir Anda menjadi seorang pemandu wisata yang profesional.
Tour Guide / Tour Leader 

 

Selain Tour guide,  istilah Tour Leader (TL) juga sangat tidak asing, dimana Tour leader ini merupakan  ketua rombongan sebetulnya dia mempunyai tugas yang berat karena telah cukup keberhasilan kerja TL adalah kepuasan rombongan waktu pelaksanaan wisata dan yang terpenting lagi adalah di lain waktu bila mereka mengadakan kegiatan wisata kembali menggunakan biro perjalanan wisata tersebut.

Di lain waktu itulah sebetulnya yang paling penting yang harus dipahami bahwa tour leader sebagai marketing terdepan dari sebuah biro perjalanan wisata. 

Tugas TL termasuk memastikan bahwa peserta tour semua dalam keadaan baik dan sehat. TL harus tahu pasti bahwa rombongan yang dipimpinnya lengkap (tidak ada yang tertinggal).

www.wisatabromo.id

Jika ada anggota tur yang ingin memisahkan diri sejenak dari rombongan untuk hal pribadi, misalnya: ke toilet, belanja pribadi, atau mengunjungi relasi secara pribadi, beritahukan hal tersebut kepada TL terlebih dahulu. Jika tidak, bukan tanggung jawab TL jika wisatawan tersesat atau terpisah dari rombongan.

Dalam sebuah tour 2 angota ini  memang sangat berperan penting ,dan juga  saling  membutuhkan antara satu sama yang lain. Hal-hal di atas  memang sangat di perlukan dan wajib  untuk  di lakukan untuk menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata yang handal .

Karena seorang pemandu wisata atau guide memang harus di bekali dengan pengetahuan dan juga  harus di bekali  dengan cara berkomunikasi yang baik dan benar, dan  juga perilaku (attitude)  yang baik.

 maka dari itu seorang pemandu wisata atau guide yang perofesional  harus  benar-benar faham betul tentang kode etik  untuk menjadi seorang pemandu wisata atau guide .

www.wisatabromo.id

 

Informasi lebih lanjut hubungi kami melalui telepon / whatsapp di 081234469879

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp WhatsApp us